Selasa, 20 Desember 2011

Resensi buku "Melawan Rasa Takut"


Judul Buku      : Melawan Rasa Takut
Penulis            : Nisrina Lubis
Editor              : Abdul Azid Muttaqin
Tata Sampul    : Ruri
Tata Isi            : Iqbalmuttaqin
Pracetak          : Lilis
Penerbit          : Garailmu, Yogyakarta
Cetakan             Pertama, April 2010
Tebal Halaman : 183 halaman


MENGATASI FOBIA
            Ketakutan adalah keadaan yang lumrah di alami manusia. Namun, pernahkah Anda merasa begitu takut terhadap benda, situasi, atau keadaan tertentu, sehingga ingin menjauhinya ? bila benar demikian, bararti Anda menderita fobia.
Sebuah buku tipis kecil yang ditulis secara bersahaja namun penuh keyakinan telah menjelaskan seribu satu macam mengenai apa itu rasa takut ? bagaimana rasa takut itu bisa muncul ? apa itu fobia ? bagaimanakah jenis-jenis fobia itu ? bagaimanakah rasa fobia itu diatasi ? dan segala macam hal seputar rasa takut dan fobia ini, diutas secara jelas dan terperinci.
Buku ini diterbitkan oleh Garailmu Yogyakarta (15 September 2009) ini, sengaja di rancang dengan model eksposisi yang disusun secara terperinci. Agar pembaca dapat memahami isi buku ini lebih detail lagi. Nampaknya Nisrina Lubis sang penulis buku ini mengungkapkan segala hal mengenai melawan rasa takut dengan menggunakan metode psikologi yang mengulas semua hal tentang fobia, dan yang lebih spektakulernya lagi di dalam buku ini diulas bagaimana cara praktis dalam terapi efektifnya. Jadi, buku ini juga sangat berguna bagi para penderita fobia.
Penulis juga memaparkan bahwa rasa takut ini muncul akibat adanya rasa kecemasan yang berlebihan. Menurut mitos, mengetahui lebih jauh lagi tentang kecemasan akan membuat seseorang semakin diliputi kecemasan. Sedangkan menurut fakta, seseorang akan mudah keluar dari masalah kecemasan jika tahu apa yang sebenarnyaterjadi pada dirinya. Dengan mendapatkan berbagai informasi yang memadai, seseorang akan dapat mengurangi kebingungan, ketakutan, dan rasa malu yang kerap dirasakannya. Sebenarnya, kecemasan itu sama sekali bukan perkara berat dan siapa pun dapat mengatasinya.

Rasa takut dan fobia
Ada beberapa fakta penting mengenai kecemasan yang perlu diketahui, yakni :
1.    Kecemasan adalah hal yang wajar, orang dapat mengalaminya kapan saja. Misalnya, cemas ketika akan ujian, menikah, melakukan perjalanan, atau terjebak hujan.
2.      Kecemasan itu adalah sesuatu yang mudah diadaptasikan oleh diri
3.      Kecemasan bukanlah hal yang berbahaya
4.      Kecemasan tidak berlangsung lama
5.      Kecemasan tidak dapat dikenali
6.      Kecemasan dapat menjadi masalah tersendiri
7.      Masalah-masalah kecemasan adalah hal yang biasa
Hal-hal inilah yang menyebabkan munculnya rasa takut itu. Jika rasa kecemasan yang berlebihan itu sudah melebihi batas dan menimbulkan rasa takut yang berlebihan, maka timbullah rasa fobia itu, rasa ketakutan berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Perasaan tersebut bagi sebagian orang sulit untuk dipahami dan cenderung dijadikan titik kelemahan bagi lingkungan sekitarnya. Fobia ini juga sebenarnya bisa dirasakan oleh setiap orang tergantung dengan kondisinya.

Gejala fobia
Ada tanda-tanda gejala fobia yang terjadi pada penderitanya yaitu : Napas menjadi pendek, peningkatan dalam detak jantung, rasa sesak di dada dan tidak nyaman, rasa seperti tercekik, berkeringat, rasa mual dan gangguan perut, badan terasa limbung, pusing atau pingsan, merasa tidak nyata atau terpisah dari tubuh, merasa kehilangan kendali diri, takut sekarat, mati rasa, panas dingin, takut pingsan.
Kategori fobia yaitu : fobia binatang, fobia situasi atau keadaan, fobia fenomena, fobia rasa sakit, takut karena mitos. Penyebab ketakutan, seperti : ketinggian, ruangan tertutup, keadaan yang ramai, udara yang pengap, hanya pasif dan menunggu, tidak memahami hal-hal ganjil yang terjadi disekeliling, takut dengan bahaya turbulensi, bergantung dengan mesin yang cara kerjanya tidak diketahui, bergantung dengan keputusan pilot, merasa diluar kendali, merasa ada teroris.
Pengobatan fobia
Fobia ini sulit disembuhkan karena para penderitanya termakan stigma masyarakat bahwa seseorang yang mengidap gangguan kejiwaan sama saja dengan gila. Ada cara untuk menyembuhkan fobia tersebut melalui mencari tahu seputar fobia tersebut, melawan pikiran-pikiran negatif, pelajari teknik-teknik relaksasi.
Tips menangani fobia
·         Tarik nafas dalam-dalam
·         Lakukan percakapan yang positif
·         Kurangi ketegangan denghan mengungkapkan perasaan anda lewat humor
·         Ucapkan pertanyaan-pertanyaan yang menguatkan diri anda
·         Bayangkan satu situasi menegangkan yang terjadi di tempat yang nyaman
·         Fokus dengan sisi positif diri anda
·         Makanlah dengan orang-orang yang membuat anda merasa nyaman ditempat-tempat publik
·         Lakukan kontak mata dengan orang lain dan sapa mereka lebih dahulu
·         Berikan pujian dengan tulus
·         Perlihatkan jika anda tertarik bercakap-cakap dengan seseorang. Tanyakan hal-hal ringan pada mereka
·         Jangan menjauh dari orang asing
·         Latihlah diri anda agar dapat berbicara dengan orang lain dan perhatikan apa yang mereka bicarakan
Jangan membiarkan fobia melekat dari dalam diri anda, sugestilah diri anda bahwa kini anda dapat melawan fobia anda.

5 komentar: